Friday, December 19, 2014

Ketika Saya yang Single Tetap Kalem, Namun Sekeliling Saya yang Repot

Disclaimer : Postingan saya ini bakal sebut-sebut Flores. Jadi dari awal saya minta maap dulu nih jikalau ada yang tersinggung. Nggak, saya nggak benci Flores kok. Mantan saya Flores - Jawa. Saya juga pernah naksir seorang Flores - Jawa lainnya. Dulu jaman pernah jadi relawan gempa Jogja 2006, ada seorang mahasiswa Flores yang mendekati saya. Tante saya juga ada yang Flores. Pacar adik saya juga Flores - Jawa. Bahkan saya niat pingin menjelajah Flores suatu hari nanti (masih nabung nih). Jadi, kalau nggak benci lalu kenapa? Ya saya cuma merasa too much Flores in my life. Dan sesuatu yang berlebihan itu pada dasarnya nggak baik, kan? Hehehehehe. Yaudah sih ah, ini baru pengantar aja udah panjang begini.



Cerita diawali dengan latar belakang bahwa saya akan dilangkah oleh si adik yang akan menikah bulan Mei 2015. Ini udah pasti. Bukan kayak iklan yang Maybe Yes Maybe No. Tentu saja reaksi orang-orang adalah: aaaahhh Gone, kamu nggak apa-apa?


Ya nggak apa-apa sih. Tapi kalo semua orang, setiap kali ketemu, selalu nanya pertanyaan yang sama, ya saya jadi kenapa-kenapa. Saya jadi kesel. Emang kenapa kalau dilangkah? Bebas sih kalau mau kasihan sama saya. Tapi saya nggak butuh dikasihani butuhnya dikasih duit aja buat jalan-jalan hehehehehe. Nah, atas dasar rasa kasihan karena saya akan dilangkah sementara sekarang saya nggak punya pacar, banyak orang yang berinisiatif untuk menjodohkan saya dengan siapapun. Berhubung saya anaknya baik hati dan sopan, semua kalimat yang bilang: "mau aku kenalin sama sepupuku nggak?" atau "ada nih ponakannya teman tante yang seumur kamu. Baik loh anaknya. Kukasih nomer kamu ya?" atau "eh temen kantor gue ada yang katolik single baik. Kapan-kapan mesti ketemuan deh" dan banyak sekali kalimat lainnya bernada sama, selalu saya jawab dengan: "boleh kok kalo cuma mau kenalan aja." sambil tersenyum supermanis :) :) :)


Suatu hari saya sedang berkunjung ke rumah tante saya yang Flores. Sebut saja Tante E. Saya datang bersama ibu dan adik serta sepupu-sepupu yang lain. Di rumah tante E ternyata sedang ada seorang teman kuliahnya datang berkunjung, namanya Tante J. Dulu tante E dan tante J sama-sama berkuliah di Kupang. Saat bersalaman dengan saya, tiba-tiba tante J memegang kedua pipi saya sambil bilang: "Ya ampun Angguni kamu manis sekali. Kamu mau jadi orang Kupang, say? Nanti ya tante kenalkan kamu dengan ponakan tante yang kerja di Jakarta."

Saya cuma cengar-cengir bingung. Mau jawab 'Nggak mau' tapi kok nanti kesannya tidak sopan. Nanti citra saya sebagai perempuan anggun, baik hati, dan ramah langsung runtuh. Saya nggak menjawab ketika itu. Punya mantan Flores bukan berarti tipe lelaki yang saya suka adalah Flores. Cuma memang, misi si tante E adalah memfloreskan keluarga besar saya supaya kalo pulang kampung ada barengannya. Hahahahaha.


Sebulan kemudian, tante J meminta nomer hp saya melalui tante E. Awalnya minta pin BBM. Tapi saya bukan pengguna BBM. Jadi yang diminta adalah nomer telepon. 


Seminggu setelahnya tiba-tiba ada sms masuk. Seorang cowok berinisial I ngajak kenalan. Bahasanya pakai 'beta' dan 'nona'. Walau ia tak mengatakan dari mana tahu nomer hp saya, namun kecurigaan saya mengarah pada dua tante itu. Sengaja saya tak balas dulu sms itu.  


Malamnya tante J sms saya: "Angguni, ini tante J, teman tante E, masih ingat kan? Nanti akan ada laki-laki yang sms/telp kamu, tolong diterima ya say."


EBUSET! Belum pernah ketemu udah disuruh terima? Apalah maunya si tante ini. Hahahaha. Lagian kesannya kayak pesen barang di online shop, terus pas paketnya udah mau sampe dibilang: "tolong diterima ya." Hahahahaha.


Nah saya tanya ke si tante J nama laki-laki yang akan sms biar saya nggak salah. Sekalian mau memastikan apakah si I itu adalah orang yang dimaksud. Soalnya kalo ada telepon dari nomer tak dikenal, saya suka males ngangkat. Sms yang tidak ada nama pengirimnya pun nggak pernah saya balas. Si tante J bilang kalau yang akan sms namanya Y. Wah berarti I itu bukan dong ya? Eh ternyata, tante J bilang I dan Y berteman.


Eh? Loh? Kok? Duh, Saya jadi curiga jangan-jangan nomer hp saya sudah diblast di bbm group para pemuda di Flores (emangnya ada? Ya nggak tau juga. Namanya juga nebak-nebak). Atau mungkin foto serta nomer hp saya sudah ditempel di papan-papan pengumuman di balai desa dengan caption 'Nona Jawa Manis Cari Suami'. Hahahahaha.


Lalu, karena saya baik hati dan sopan, keesokan harinya sms I saya balas. Dia tanya pin BBM, saya jawab nggak ada. Dia bilang: nggak main BBM, tapi kalo Facebook ada dong? 

Uwoh, so cheesy! Punchline kayak gitu mungkin kena kalo dikeluarinnya beberapa tahun lalu. Dulu gombalan kayak gitu masih sering kita dengar. Semacam: "Ada dongkrak nggak? Oh nggak ada? Tapi kalo nomer telepon ada dong?". Hahahahaha. 


Kebetulan akun Facebook saya di-setting supaya nggak bisa di-search sama mereka yang bukan teman. Jadi saya tanya apa akun Facebooknya I. Sekalian biar saya bisa stalking dulu. Hahahahaha. 


Tapi saya juga anaknya gampang ilfeel. Ilfeel sama gaya bahasa smsnya I yang alay (bukan, bukan masalah pake 'beta' dan 'nona', tapi mengganti '-nya' dengan 'x' atau memakai singkatan-singkatan kata yang nggak lazim. Maaf ya, saya kalau sms emang harus sesuai EYD gitu sih :P). Ilfeel dengan caranya I yang rese banget sms melulu. Kalau smsnya tidak saya balas, ia akan sms lagi dan lagi sampai saya balas. Duh, kerjaan saya kan bukan cuma ngeliatin hp untuk menunggu sms masuk. 

Ah sudahlah. Bukan salahnya I kok. Ini mungkin memang saya aja yang dari awal nggak pernah tertarik dengan ide perjodohan. 


Kalau kenalan mah kenalan aja, nggak usah dengan intensi mau menjodohkan. Saya pasti langsung kabur kalau digituin. Jangankan dengan mereka yang baru saya kenal, dengan teman yang sudah saya kenal tapi tiba-tiba melakukan 'first move' PDKT langsung bikin saya takut. 'Ih ngapain sih lo? Syuh syuh syuh udah ah biasa aja.'


Lalu, bagaimana dengan Y? Kata si tante E, Y memang pemalu makanya I berinisiatif melakukan first move. Tapi Y akan datang ke rumah tante E saat natalan. Saya? Oh sudah pasti menyiapkan segudang alasan sehingga nggak perlu datang ke rumah tante E tanggal 25 Desember besok. Hehehehe.


Kadang saya suka kagum dengan kegigihan orang-orang yang memaksa saya untuk cari pacar, menjodohkan saya dengan kenalannya, memberi akun Facebook atau nomer telepon saya kepada orang-orang yang dianggap sesuai kriteria saya, dan sebagainya. Kok ya kalian heboh banget nyariin saya pacar, lha saya baik-baik aja kok. Beneran deh. Jadi tak usah repot-repot lagi nyuruh-nyuruh saya cari pacar. Mending bayarin saya jalan-jalan aja *tetep usaha* Hehehehe.

0 kicauan:

 

(c)2009 racauan si tukang cerita. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger