Tuesday, January 27, 2015

Jatuh Cinta Sama yang Lokal


"Muka kamu glowing, deh, Gon!"


"Ih, kok bisa alus banget gini sih kulit muka kamu..."


"Ya ampun, ternyata muka kamu emang kayak anak-anak ya. Yakin umur kamu 27?"
*err...kalau yang terakhir ini masih belum bisa nebak konotasinya positif atau negatif sih, hehehehe.


Yap! Akhir-akhir ini sering banget denger pujian kayak gitu. Terserah mau dibilang narsis atau najis. Hahahaha. Dan kalimat-kalimat pujian itu berujung pada pertanyaan: Kok bisa? Perawatan pake apa?


Selain karena emang udah cantik dari sananya serta rajin makan buah dan sayur, saya sudah beberapa bulan terakhir meninggalkan segala macam produk perawatan wajah dan tubuh yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti paraben, SLS, pengawet, dan segala maacem yang aneh buat tubuh kita. Hah? Emang beneran berbahaya gitu? Katanya sih paraben itu bisa menyebabkan kanker. Kalau gak percaya, monggo bisa dibaca di sini, sana, atau situ. Atau bisa juga tanya-tanya sama Mbah Gugel.

Nah, kalau kamu rajin baca ingredients setiap produk yang ada di kemasannya, paraben dan kawan-kawannya itu tertulis di sana. Bahkaaaaannnn..... di produk perawatan tubuh yang terkenal dengan kampanye against animal testing, anti trafficking dan fair community trade itu ternyata ada parabennya loh. Coba deh tuh stiker di body butter kamu dicopot dan bacalah ingredients yang tertera dengan seksama. Nah, nah, nah, berasa insecure kan? Saya juga gitu *lempar body butter ke tong sampah*


Terus, kalo produk yang katanya bagus aja mengandung bahan berbahaya, saya mesti pake apa dong?


Kebetulan saya seneng liat-liat barang-barang wucuw nan menggemaskan di Instagram. Suatu hari saat sedang asyik browsing, saya nemu sebuah akun Instagram yang menjual sabun buatan sendiri, namanya @kippabuw. Produknya menarik, apalagi taglinenya: Food for Beauty. Makanan untuk Kecantikan. Saya kan doyan makan ya. Nah emang bisa gitu makanan buat perawatan wajah? Dari sinilah awal mula saya jatuh cinta sama produk perawatan wajah dan tubuh buatan lokal dari bahan-bahan natural organik. Setelah memakai produk Kippabuw, saya jadi keranjingan beli-beli produk beginian dari berbagai merk lainnya. Pokoknya saya udah musuhan sama produk komersil yang ada di toko-toko dan supermarket itu. Itung-itung saya sekalian support produk lokal.


Jadi, sekarang saya pake apa aja?



Rambut

Shampoo: Soap Nut dari Green Mommy Shop
Terbuat dari : saponified coconut oil, castor oil, sunflower oil, vegetable shortening, soapnut
Tadinya saya pake Shampoo Bar dari Kippabuw selama beberapa bulan. Enak sih. Rambut ga cepet lepek. Tapi sayangnya kurang bisa menjawab permasalahan kulit kepala saya yang gatal dan berketombe. Maka saya beralih ke Soap Nut. Bentuknya batangan juga kayak Shampoo Bar. Ribet? Ya masalah kebiasaan aja itu sih. Soap Nut ini enak, rambut ga kering. Ga gampang ketombean dan gatel juga. Cucok lah!


Conditioner: Herbal Vinegar Rinse dari Green Mommy Shop
Terbuat dari : aloe vera extract, chamomile extract, hibiscus extract, green tea extract, fenugreek, rose water, apple vinegar, rose essential oil, lavender essential oil.
Pertama kali beralih dari shampoo komersil ke Shampoo Bar Kippabuw, saya kaget karena rambut saya kusut banget ga bisa disisir. Belum lagi berasa kering banget. Wah tampaknya butuh conditioner nih. Emang biasanya gitu kalo pake shampoo batangan. Jadi jangan kaget ya. Untungnya HVR ini cukup membantu. Saya biasanya semprot-semprot HVR abis keramas lalu pijet-pijet kepala sebentar baru disisir. Saya menjadikan HVR sebagai leave on conditioner. Satu lagi, jangan kaget sama baunya ya. Alami hehehehe.



Wajah

Sabun muka: Active Charcoal Soap dari Kippabuw
Terbuat dari : coconut oil, air, sodium hydroxide, coconut milk, activated charcoal
All-time favorite. Udah nyobain bermacem-macem sabun muka dari merk-merk lain, saya selalu kembali pada Active Charcoal ini. Muka saya jadi ga gampang jerawatan. Ada jerawat kecil baru mau muncul, eits langsung dikempesin sama si sabun warbiyasak ini. Hehehehe. Tapi seorang teman saya ketika mencoba pertama kali, justru mukanya malah merah panas dan jerawatnya jadi cenatcenut. Emang efek pada tiap orang beda-beda. Teman saya nggak langsung kapok. Ternyata lama-lama terasa enak di wajah.


Pelembab: Cinnamon Lip Balm atau Cranberry Lip Balm dari Kippabuw
*abaikan tangannya yang jelek nyehehehe*
Cinnamon Lip Balm terbuat dari : ground cinnamon infused coconut oil dan beeswax.
Cranberry Lip Balm terbuat dari : dried cranberry roiboos infused coconut oil dan beeswax.
Lip balm? Kok lip balm jadi pelembab muka? Hehehehe proses pencarian pelembab muka yang pas memang tak mudah. Setelah patah hati karena pelembab sekaligus pencerah wajah saya yang kemasannya berwarna kuning itu ternyata mengandung paraben, saya mulai kebingungan gimana membuat kulit saya tetap kenyal ya *kalau pipi emang udah kenyal karena tembem, tapi bukan itu maksudnya*. Iseng-iseng saya olesin lip balm yang dibeli di Kippabuw. Eh kok enak ya. Ringan tapi kulit tetep lembut. Akhirnya saya terusin deh sampe sekarang. Kalau dipikir-pikir, bibir saya aja bisa jadi lembab, apalagi muka saya ya. Udah gitu bahan pembuatnya alami. Jadi ga masalah deh.


Alas bedak: BB Cream Chocolate dari Green Mommy Shop
Terbuat dari : shea butter, zinc oxide, grapeseed oil, wheatgerm oil, rosehip oil, jojoba oil, aloe vera essential oil turunan, mixa, iron oxide, mixed essential oil.
Sama kayak nasib pelembab yang bikin patah hati, BB Cream komersil dari merk yang sama dengan pelembab saya juga bikin kecewa. Lagi-lagi karena paraben. Langsung lah tube kecil yang masih banyak isinya itu berpindah dari dompet kosmetik saya ke tong sampah. Beruntung saya nemu Green Mommy Shop yang menjual segala macam bentuk perawatan tubuh, wajah, dan kosmetik berbahan dasar alami. Sebenernya agak kurang yakin untuk beli BB Cream online tanpa dicoba dulu. Nanti kalo terlalu putih gimana? Saya jadi kayak lagi pake masker bengkoang dong. Tapi yasudahlah. Hajar aja beli warna yang paling gelap. Pas barangnya dateng agak kaget karena creamy banget. Ga kayak BB Cream komersil yang biasanya jauh lebih mudah dibaurkan. Tapi sudah terlanjur dibeli jadi nekat saja pakai. Eh ternyata oke kok. Apalagi sebelumnya saya udah pake pelembab dulu. Satu lagi nilai plusnya, BB Cream dari Green Mommy Shop ini mengandung zinc oxide, yaitu sunscreen alami dan tak berbahaya bagi tubuh. Wah lumayan deh biar muka ga makin gosong. Hehehehehe.


Bedak: Biasanya kalau udah pake BB Cream, males pake bedak lagi. Tapi sekarang ini masih bandel pake bedak komersil. Hehehehe. Tanggung dikit lagi abis. Mungkin abis ini bakal beli bedak alami buatan Green Mommy Shop. 


Masker: Breakfast Porridge dari The Bath Box
Terbuat dari : wholegrain organic oatmeal, moroccan rhassoul clay, coconut milk, geranium essential oil.
Saya sebenernya kurang suka perawatan muka yang ribet-ribet sampe harus maskeran segala. Tapi produk ini wucuw. Dan kata temen saya, manjur buat ngeluarin komedo hitam yang membandel plus ngecilin pori-pori. Menarik banget kan tuh! Saya cobain dan emang enak. Muka jadi makin mulus. Emang ga langsung ilang sih semua komedo. Tapi kalo rutin dipake ya lumayan berkurang. Berasa jadi cantik banget kalo abis maskeran. Nah variannya selain Breakfast Porridge adalah Lemon Muesli buat ngilangin jerawat dan Strawberry Muesli untuk mencerahkan warna kulit muka. Silakan tuh dipilih yang sesuai.


Night Cream: Extra Virgin Olive Oil (EVOO) dari Green Mommy Shop
Terbuat dari: olive oil. Ya emang apa lagi coba? hehehe
Nah dulu tuh ga pernah pake krim malem. Biasanya abis cuci muka pake sabun muka langsung tidur. Ceritanya kemarin lagi berusaha bersihin eyeliner yang waterproof. Pake air dan sabun kurang mempan. Nyoba pake EVOO yang ditetesin ke kapas, eh ternyata bisa. Yaudah sekalian aja olesin si EVOO ke seluruh wajah. Berminyak gitu rasanya. Tapi cuek aja dibawa tidur. Eh besoknya pas bangun pagi, kulitnya jadi kenyal dan lembut. Akhirnya rajin deh ngolesin EVOO tiap malem. Mungkin gara-gara itu saya jadi terlihat awet muda. Oiya, EVOO ini sih sebaiknya jangan dipake pas akan keluar rumah dan kena sinar matahari ya. Soalnya bisa berfungsi untuk tanning gitu. Nanti muka kamu gosong. Paling pas dioles-oles sebelum bobok.



Bibir

Pelembab: Lemon Ginger Lip Balm dari Evete Naturals
Terbuat dari: unrefined shea butter, virgin coconut oil, beeswax, sweet almond oil, castor oil, lemon peel oil, ginger oil, dan vitamin E.
Beuh brand ini punya banyaaakkk varian lip balm: chocolate mint, coconut, strawberry, green tea, lemon ginger, dan yang paling baru adalah vanilla. Saya baru nyobain satu dan langsung jatuh cintak. Enak banget bibir jadi lembut. Belum lagi wangi lemon jahenya juga enak *sepupu saya bilang sih baunya kayak minyak angin fres-ker*. Kalau lagi bosen di kantor, biasanya saya langsung ambil si lipbalm dan oles-oles ke bibir. Karena ada jahenya, jadi ada efek agak anget gitu. Enak lah pokoknya. Terus packagingnya simple dan bagus. Favorit!

Scrub: Vanilla Lip Taffy dari The Bath Box
Terbuat dari sugar, shea butter, beeswax, virgin coconut oil, avocado oil, almond oil, vitamin E, vanilla flavor
Pertama kali nyobain lip scrub ini pas ditawari oleh seorang teman. Ambil sedikit, taruh di bibir bawah, eh ga sengaja terjilat. Hmmm rasanya manis. Soalnya terbuat dari gula *ya tapi jangan dicemilin juga sih* Gosok-gosok si scrub di bibir secara perlahan. Rasain sendiri deh bibir jadi soft, smooth, supple, dan kissable #eaaa. Kulit-kulit kering dan mati yang ada di bibir jadi ilang. Warna bibir jadi jauh lebih pink. Waktu awal lip scrub ini dateng, saya terlalu bersemangat pakenya dua hari sekali. Hahahaha. Jangan keseringan juga. Nanti bibirnya abis. Seminggu sekali atau dua kali aja.


Tubuh

Sabun: Beer Soap atau Ginger Soap atau Chocolate Milk Soap atau Purple Baby Soap dari Kippabuw
Saya sebenarnya nggak punya preferensi khusus untuk sabun badan. Tapi hampir semua sabunnya Kippabuw saya suka. Berhubung kulit saya kayak kulit badak, jadi ganti-ganti sabun ga gitu memberi pengaruh. Sejak pake sabun alami, saya ngerasa kulit ga gampang kering dan bersisik.

Pelembab: Lemon Body Butter dari Evete Naturals atau Patience Body Butter dari Scarlet Aces
Lemon body butter terbuat dari: unrefined shea butter, virgin coconut oil, cacao butter, beeswax, corn starch, sweet almond oil, apricot kernel oil, lemon peel oil, dan vitamin E.
Nah sama kayak lip balm nya, body butter dari Evete Naturals ini punya bermacam-macam varian. Saya nyobain yang lemon, biar samaan kayak lip balm nya. Wanginya seger. Kayak permen sugus rasa lemon. Kayak krim lemon di kue tart. Creamy dan thick. Tapi ga lengket karena langsung meresap. Udah gitu tahan lama. Tetep lembab seharian. Saya pakai biasanya abis mandi atau sebelum tidur.
Nah kalau body butter dari Scarlet Aces awalnya beli karena ngeliat kemasannya yang menggemaskan. Variannya banyak banget dan semua dari bahan alami. Terus lagi ada paket GIFT yang isi 3. Maka saya pilih deh tuh yang Patience, Goodness, dan Kindness. Teksturnya kayak yogurt. Ringan dan gak creamy. Awalnya ngerasa kurang lembab soalnya udah kebiasaan pake body butter nya Evete Naturals yang creamy. Tapi kan bisa dipakein lagi dan lagi kalau ngerasa kulitnya udah  ga lembab. Wangi favorit saya yang Patience (peach mango) dan Goodness (raspberry coconut). Apalagi di tutup kemasannya ada tulisan: "Have PATIENCE, God is not finished yet" dan "Clothe yourself with GOODNESS". Rasanya kayak dikasih motivasi untuk bersabar dan berbuat kebaikan terus setiap harinya. Kebetulan body butter saya yang Evete Naturals udah mau abis. Jadi saya langsung beli 2 paket GIFT body butternya Scarlet Aces. Hehehe iya saya khilaf. Abis wanginya enak dan tahan lama sih. Kayak selai buah *jadi pingin dioles ke roti hahaha*. Gataunya pas saya sampe kantor keesokan harinya, ada paket sample product dari Scarlet Aces. Hahahaha rejeki anak soleh banget deh. Rejeki anak soleh nan baik hati yang support local product #eaaa. Untuk beberapa bulan ke depan stok body butter saya banyak. Hahahahahaha.

Lemon Ginger Lip Balm dan Lemon Body Butter dari Evete Naturals



Goodness (raspberry coconut) dan Patience (peach mango) Body Butter dari Scarlet Aces



rejeki anak soleh yang support local product. Dapet kiriman sample body butter dari Scarlet Aces.Wooohooo!!!



Deodorant : Coconut Deodorant dari Green Mommy Shop
coconut deodorant, kalau mau pake tinggal colek pake jari
Terbuat dari: sodium bicarbonate, extra virgin coconut oil, arrowroot powder, corn powder, zinc oxide, aloe vera essential oil, green tea essential oil, rose essential oil, lavender essential oil.
Proses pencarian deodorant ini yang paling rumit. Dari dulu saya takut pake deodorant yang komersil karena takut kena kanker. Tapi kalau ga pake rasanya ga pede. Beruntung Green Mommy Shop punya deodorant dengan berbagai jenis: ada yang bedak, cair, spray, dan sebagainya. Saya pilih coconut deodorant lebih karena penasaran sih. Bentuknya krim padat. Kalau mau pake mesti ditetesin carrier oil dulu. Saya kan punya EVOO tuh. Yaudah tinggal saya tetesin aja sebelum pake. Lalu deodorannya tinggal dicolek pake jari dan dioles ke ketiak. Jadinya kayak pake bedak MBK gitu sih. Tapi ini ga meninggalkan noda di baju. Waktu seminggu pertama pake coconut deodorant ini saya sempet ga pede. Di kantor saya bolak-balik bilang ke temen: Kalo gue bau ketek bilang ya. Gue lagi nyoba deodorant baru dan ga pede banget nih jadinya. Untungnya ga pernah tuh tercium bau aneh-aneh dari badan saya meski saya udah ga pake deodorant komersil lagi. Besok kalo coconut deodorant habis, saya akan coba jenis yang lain ah.


Pasta gigi: Java Peppermint Toothpaste dari Green Mommy Shop
kayak nutella ya. tapi ini pasta gigi loh.
Terbuat dari : bentonite clay, calcium bicarbonate, extra virgin coconut oil (evco) organik, liquid soap, stevia organik, mandarin essential oil, bicarbonate soda, peppermint essential oil.
Susah juga ya kalau udah kebiasaan pake pasta gigi yang banyak busanya dengan rasa mint segar. Pertama pake pasta gigi ini saya setengah mati gosok-gosok supaya busanya keluar, tapi tetep aja ga ada. Udah gitu setelah selesai rasanya keset dan anyeh. Kayak sikat gigi pake tanah liat. Pokoknya ga enak. Tapi cuek aja saya pake terus, lama-lama kebiasaan. Suatu hari karena lupa bawa si pasta gigi ini, saya kembali pada odol komersil. Eh yang ada saya malah mual karena busanya terlalu banyak. Hehehehe.



Ribet? Nggak kok. Malah kalau lagi pergi jalan-jalan, saya cuma bawa satu sabun yang bisa dipake jadi shampoo, sabun badan dan sabun muka sekaligus. Kippabuw jual tuh sabun berukuran segede kancing baju. Juli kemarin waktu saya pergi ke Jogja 2 hari 1 malam, saya cuma bawa 3 sabun berukuran kancing yang saya pakai untuk keramas, mandi dan cuci muka. Hehehe. Kalau soal bentuknya yang batangan, ya lagi-lagi itu masalah kebiasaan aja. Justru saya merasa jauh lebih hemat dengan sabun batangan. Kalau bentuk cair malah sering terbuang percuma gitu kalau ada yang netes atau tumpah.

Nanti ya di postingan berikutnya saya akan cerita lagi apa saja yang mesti diperhatikan sebelum membeli produk-produk lokal natural organik. Sebenernya selain produk-produk yang sudah saya sebutkan di atas, masih ada merk-merk lain yang cukup oke. Dan saya ketagihan pingin cobain semuanya hehehehe.

Saya dan beberapa teman bahkan membuat grup WhatsApp yang isinya sharing informasi dan pengalaman menggunakan produk perawatan lokal natural plus meracuni untuk membeli produk tertentu nyehehehehe.Lumayan lah, saya jadi banyak belajar. Setiap kali ada produk baru yang bahannya terdengar 'aneh', kami pasti langsung googling dan diskusi.


Satu lagi yang mesti diinget, saya bukan beauty editor, bukan juga seorang make up blogger. Saya cuma berbagi apa yang saya rasakan. Kalau mau ngobrol-ngobrol boleh, tapi kalau mau konsultasi, jangan sama saya ya hehehehe.


PS: Maaf belum sempat memasukkan foto wajah saya yang kata orang-orang glowing dan halus. Jangan percaya sebelum lihat sendiri ya :P

5 kicauan:

sipipito said...

Mbak mau nanya donk klo untuk shampo lbh bagus kippabuw atw gms ya? Makasii

Ida mulyanti said...

Makasih mbak lengkap bgt. Saya yg lg program hamil cari2 skincare alami tadinya tau green mommy doank ternyata banyak yg lain ya hehe ^^

dwi said...

perawatan merek lokal bnyak yg bagus :))

Unknown said...

Wah salut sama mbaknya.wajah saya punya masalah dengan jerawat bertahun-tahun ini mungkin saya bakalan coba produk2 alami utk jerawat ini.

Anonymous said...

Thanks for finally writing about >"Jatuh Cinta Sama yang Lokal" <Loved it!

 

(c)2009 racauan si tukang cerita. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger