Thursday, October 22, 2015

Balada Meracik Facial Oil

Yak! Udah lama banget ga meracau di sini. Males nulis tepatnya. Abis kerjaan sehari-hari ya nulis, masa mencari penghiburan juga nulis lagi. Hehehehe mendingan nyobain natural skincare.

Ngomong-ngomong soal natural skincare, udah setahun ini kan emang saya pakenya yang alami-alami. Udah ga pernah pake kimia-kimiaan lagi. Eh masih bandel dikit kadang-kadang pake blush on dan lipenstip yang komersil. Tapi pakenya jarang-jarang kok *pembelaan*

Setelah setahun cuma puas jadi konsumen, saya kepikiran buat bikin sendiri produk-produk yang saya pake. Apalagi sekarang mulai banyak yang  bikin kelas, dari mulai kelas sabun sampe kelas beauty oil. Tujuannya cuma satu, biar lebih hemat karena semua yang saya gunakan ya saya buat sendiri.

Maka, di suatu siang yang cerah di bulan September saya mengikuti workshop pertama saya: Making Beauty Oil oleh KEYRA Natural. Workshopnya diadain di Songolas, daerah Rempoa, Ciputat. Buset itu kayak di belahan bumi yang berbeda dari Pondok Gede, Bekasi deh. Demi ikut workshop ini, saya sampe bela-belain nginep di rumah mbak boss baik hati, Mbak Petty, di daerah Meruya. Lumayan lah, masih masuk jangkauan 25 km promo Go-Jek.

Starter kit dan modul

Workshopnya bayar Rp 575.000. Mahal? Menurut saya sebanding dengan ilmu yang diterima. Selain itu, saya dapet starter kit untuk meracik facial oil saya sendiri dan juga makan siang superenyak dari Burgreens. Peserta workshop hari itu hanya 8 orang, kelas kecil yang menyenangkan. Kami bisa bertanya banyak hal sama Mbak Erika dari KEYRA Natural. Mbak Erika ini selain memang background pendidikannya Kimia, juga belajar lebih lanjut mengenai natural skincare dan essential oils. Saya jadi tahu gimana kondisi kulit, lalu jenis minyak apa yang cocok untuk kulit muka saya. Kalau dulu saya asal nyobain aja macem-macem oil ke muka - dari mulai olive oil, virgin coconut oil, rosehip oil sampe avocado oil - sekarang saya tahu apa yang kulit saya butuhkan. Hahaha untung kulit saya termasuk yang ga rewel dipakein ini itu. Jadi nyobain macem-macem (asal ga mengandung kimia sintetis) pun masih aman.

Kami juga belajar menghitung-hitung takaran untuk mencampur oil. Yes, mesti pake ilmu matematika *selain pake ilmu kira-kira*. Seru deh pas Mbak Erika nyuruh kami coba bikin oil kami sendiri. Semua serius membaui, merasakan tekstur, dan menimbang oil.

Yang lain sibuk ngitung, saya malah sibuk ngeliatin temen-temen saya. Ceritanya udah selesai duluan

 Untuk percobaan pertama, saya meracik facial oil :
Grapeseed oil + Macadamia nut oil + avocado oil + lavender eo + peppermint eo + patchouli eo
Muka saya kan normal cenderung berminyak. Jadi, menurut modul dari Mbak Erika, minyak-minyak yang saya pilih tersebut kayaknya cocok buat jenis kulit muka saya. Eh, tapi ga semua berdasarkan modul deng. Saya pilih avocado karena emang lagi suka banget pake avocado oil tiap malem buat muka. Pagi-pagi pas bangun pipi rasanya kenyal. Tapi ternyata avocado oil ini diserapnya sangat lambat oleh kulit. Alhasil kalo facial oilnya dipake pas pagi-pagi, muka saya kayak abis makan siang di pengkolan: lepek banget! Yaaaa.... namanya juga baru nyoba bikin. Prosesnya ga langsung oke. Mesti trial and error berkali-kali. Si facial oil ini akhirnya tetep saya pake kalau malem sih.

Penggunaan essential oil pun ga bisa sembarangan. Ada itung-itungannya. Kalau banyak yang mikir: "ah ini kan cuma oil", justru harus berhati-hati. Essential oil bisa langsung masuk ke aliran darah dalam hitungan 26 detik (eh bener ga sih? Ya pokoknya hitungan detik, saya lupa antara 20, 26 atau 30. Pasnya aja mau berapa? *malah nawar*). Saya pilih lavender karena lagi-lagi lavender adalah essential oil favorit saya. Saya sampe punya beberapa botol lavender eo, yang saya simpen di tas, di kamar, di laci kantor. Hehehehe.

botol hasil racikan harus dikasih nama biar ga ketuker


Setelah ikut workshop, saya pun belajar meracik lagi. Kali ini mesti cari kelinci percobaan. Saya mesti cari orang yang jenis kulit mukanya beda sama saya dong. Eng ing eeeennggg... untung ada Kak Tania, temen kantor, yang mukanya kering berjerawat. Jarang-jarang kan orang berjerawat mukanya kering? Biasanya berminyak. Kak Tania baru 2 minggu ini pake oil hasil racikan saya. Sejauh ini sih dia bilang mukanya tetep lembab tapi ga lepek dan jerawat mulai berkurang. Ihiy!


Nah, suatu hari pelembab saya habis. Saya 3 bulan terakhir pakai Facial Hydrates - nya Sensatia dari Bali. Yes, ini kesempatan yang baik untuk meracik lagi facial oil buat saya sendiri (setelah yang pas workshop agak gagal hehehe). Saya baca-baca lagi modul, ditambah baca buku Essential Oils for Beginners terbitan Althea Press yang saya beli di Organic Supply. Terus saya beli dulu deh beberapa bahan yang stoknya habis (iya emang harus tetep beli bahan baku, saya mah belum bisa produksi oil-oil itu sendiri).

Saya pun bikin: macadamia nut oil + rosehip oil + jojoba oil + vitamin E pure oil + frankincense EO + geranium EO + lavender EO (iyaaaa harus banget ada lavendernya).

Sedikit cerita soal frankincense. Ini adalah essential oil yang diekstrak dari frankincense alias kemenyan. Yang diambil sih kalo ga salah bagian daunnya (haaa... baru pada tau kan kalo ada pohon kemenyan? Sama! saya juga baru tau. Kirain cuma sajennya dukun aja). Dulu sih saya biasa aja sama oil ini. Frankincense emang bagus tapi harganya yang ga bagus (buat dompet saya hehehe). Semenjak ada obrolan pas workshop tentang Frankincense ini, saya jadi mulai parno. Kemenyan ini emang berkaitan sama yang mistis-mistis, termasuk sama oilnya juga. Banyak cerita-cerita aneh pas lagi pada ngeracik pake oil ini.

Tapi karena manfaatnya yang oke banget saya pun cuek aja pake oil ini. Karena bahan udah lengkap, di suatu malem minggu saya pun ngeracik facial oil buat saya sendiri *jomblo amat malem minggu malah ngeracik oil :P *. Waktu itu saya baru pulang abis nonton screening film. Sampe rumah jam 11 malem dan tetep nekat ngeracik oil. Di tengah-tengah proses, mendadak nyali saya ciut. Saya keinget film yang sebelumnya saya tonton. Filmnya rada mistis sih. Terus mana lagi di rumah sendirian kan. Dan pandangan mata saya tertumbuk pada sebotol oil frankincense. Buru-buru saya telepon adik saya. Saya suruh dia nemenin saya. Untung rumah kami cuma berbeda empat rumah aja.

Lanjut, saya ngeracik sambil ditemenin adik. Setelah oil jadi, saya tetes di punggung tangan untuk ngecek apakah ada reaksi alergi. Saya tunggu 15 menit dan ternyata aman-aman saja. Jam 2 pagi adik pulang ke rumahnya dan saya lanjut tidur.

liat botol pink di belakang gelas ukur? yes, itu FRANKINCENSE nya

Besok paginya pas lagi mandi, saya baru menyadari sesuatu: punggung tangan saya memar tepat di lokasi saya meneteskan oil. JREEENNNGGG... Memarnya ga besar, cuma seukuran ruas jempol tangan. Tapi keliatan sekali warnanya biru keunguan.

Semoga ini cuma kepentok ya. Semoga ga ada kaitannya sama si frankincense ya.

Ah SHIT! Saya baru menyadari sesuatu. HARI INI MALEM JUMAT KAN? MEEEENNNN....SAYA MASIH DI KANTOR DONG INI *merinding*

Mari, saya mau pulang dulu ya.... *eh, pamit ke siapa*

0 kicauan:

 

(c)2009 racauan si tukang cerita. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger