Monday, April 13, 2015

Pertanyaan-Pertanyaan Tak Terjawab

Dulu waktu saya masih kerja jadi guru playgroup, saya sempet punya banyak cita-cita. Mau sekolah lagi ke luar negeri mengambil early childhood education biar mendalami dunia ngajar bocah-bocah prasekolah, mau ikutan Indonesia Mengajar biar punya pengalaman ngajar di pelosok Indonesia, mau punya sekolahan sendiri, dan masih banyak mau-mau yang lainnya. Tapi ga semua mau saya itu dijawab iya sama Tuhan. Mulai dari profesi jadi guru yang ditentang sama orang tua, dua kali gak lolos seleksi Indonesia Mengajar padahal udah sampe tahap 1, dan akhirnya semua itu bikin saya ga semangat lagi ngejar beasiswa ke luar negeri yang kemudian membuat saya mengubur cita-cita membuat sekolahan sendiri *timbun pake pasir*

Rasanya saat itu kayak lagi pergi menuju suatu tempat tapi banyak banget aja halangannya, hampir semua jalan ga bisa saya lewati, mulai dari jalan verboden, ada galian telkom, jalan buntu, ditutup karena ada pengajian, macet, ada tronton mogok yang menghalangi, dan sebagainya. Saya bingung karena rasanya ga ada yang bisa saya lewatin untuk sampai ke tujuan yang saya mau.

Pada akhirnya saya memilih jalanan yang macet. Meski majunya cuma sedikit-sedikit, dan gatau kapan nyampenya, saya pasrah melewati pilihan yang itu, pasrah terhadap pekerjaan apapun yang datang selepas kontrak saya jadi guru playgroup. Berhubung cita-cita saya sudah terkubur pasir, maka saya nggak punya ambisi apa-apa. Ditawarin freelance ngurus socmed selama enam bulan ya saya ambil. Saya ga tertarik pada pekerjaan itu, saya juga ga peduli bakal digaji berapa. Yang penting saya punya pekerjaan. Yang penting orang rumah dan tetangga dan teman-teman melihat saya berangkat kerja setiap pagi. Yang penting ada cukup uang untuk pergi hura-hura di akhir pekan.

Enam bulan berlalu dan kini terdamparlah saya di pekerjaan yang sudah dua tahun terakhir saya tekuni: bekerja di majalah. Jadi penulis atau wartawan atau reporter atau redaktur. Bisa disebut sesukanya. Saya menyukai pekerjaan ini, setidaknya masih sejalan dengan background jurusan saya waktu kuliah. Setidaknya masih berhubungan dengan dunia anak-anak yang saya cintai meski bukan lagi jadi guru. Setidaknya masih lumayan keren untuk disebutkan oleh orang tua saat ditanya anaknya kerja di mana.

Dua tahun ini saya merasa nyaman dengan rutinitas, dengan tantangan pekerjaan, dengan teman-teman kantor. Rasa nyaman itu membuat saya terlena sehingga saya lupa bertanya: saya ini mau ngapain sih di hidup ini?

Kalau ngeliat orang-orang di sekitar saya (yang pergi kuliah lagi, yang pindah ke luar kota, yang menikah, yang udah naik level manajer, yang buka usaha sendiri, yang resign dan ngurus anak), biasanya saya langsung diem dan merenung. Saya kayak ga punya target apa-apa. Udah ngapain aja sih saya akhir-akhir ini? Kok hidupnya masih gitu-gitu aja? Bahkan kalau ditanya lima atau sepuluh tahun lagi bakal ngapain, mungkin saya cuma bisa mingkem.

Lagi-lagi saya merasa ga bisa nemuin jalan. Buntu. Atau emang saya berhenti mencari jalan dan diem di tempat?

Dan hari ini pikiran-pikiran kayak gitu muncul lagi. Di sebuah acara komunitas, satu per satu teman-teman saya pamit melanjutkan hidup, ada yang masuk biara, ada yang mau kuliah ke luar negeri, ada yang menikah dan ikut suami, ada yang sudah punya anak sehingga fokusnya sekarang mengurus keluarga. Saya? Masih duduk di tempat yang sama, di komunitas yang sama, yang 7 tahun terakhir ini selalu jadi rumah kedua saya. Anggota komunitas ini sudah banyak sliweran datang dan pergi. Dan saya masih aja di situ, Nggak tau nunggu apa. Nunggu diusir, nunggu ada yang mengajak pergi, atau nunggu batas umur lewat sehingga mau gak mau ya harus pergi. Bercandaan semacam: "Wuidih, angkatan pertama nih" atau "Tujuh tahun? Itu udah selese S1 sekaligus S2 kayaknya." cuma bikin saya cengar-cengir padahal ya ujung-ujungnya jadi mikir: iya saya kok di sini aja, ga ke mana-mana? Harusnya udah cukup kan ya? Udah kelamaan ada di sini.

Sampai tadi seorang teman membaca kesedihan saya. Ia pun mengirim japri: "Gon gue sedih baca chat lo di grup. Mungkin sekarang elo nggak ke mana-mana Gon, cuma karena elo harus nyiapin diri aja selama setahun ini. Supaya elo bisa menentukan mau ke mana elo sebenernya. Don't lose hope, keep your faith."

Emang Tuhan masih ngerasa saya belum siap? Emang saya kurang berpasrah? Emang butuh berapa lama lagi supaya Tuhan mau nunjukkin jalan ke saya? Emang Tuhan tuh maunya saya ngapain? Apa jangan-jangan jalan saya ya sebenernya di sini? Jangan-jangan jalan yang saya cari sebenernya ga ada, dan ternyata saya udah sampe ke tujuan saya, yaitu di sini?



...dan daftar pertanyaan-tak-terjawab saya pun semakin panjang.

2 kicauan:

B. E. Widha Karina said...

aku! akupun. aku masih jalan di tempat. nggak ke mana-mana. :(

mie-arsi.blogspot.com said...

apapun itu disyukuri aja kak,emang jadi pengangguran ga enak..aku dah 2 bln nganggur pengen dpt kerja yg deket Rumah skitar salemba matraman tapi klo jauh dapetnya ya ga papa ambil aja coz bosen bgt dirumah biasanya krj.apapun itu pekerjaanya yg penting gajinya ga 1.5 spt sbelumnya ya 1.8 gtu...Tetep

 

(c)2009 racauan si tukang cerita. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger