Tuesday, July 24, 2012

Calon Abdi Negara seri 1: Bagaimana Semua Berawal



Eh loh kok tumben judulnya aneh gitu. Hehehe. Berseri pula. Yak, postingan kali ini mau nyeritain bahwa saya memutuskan untuk ganti jalan cerita sinetron (baca: hidup saya). Bosen kan ya kalo ceritanya soal si anak yang mau jadi guru tapi orangtua ga setuju, eh si anak nekat akhirnya jadi guru dua tahun, orangtua cuma diem aja awalnya, setelah dua tahun berantem lagi soal pilih kerjaan selain guru, si anak udah mau nekat lagi, dan kalopun orangtua diem lagi itu karena mereka udah nyiapin taktik lain sampe anaknya nyerah dan pilih profesi lain, tapi dalem hati si anak yakin suatu saat nanti akan bisa mewujudkan apa yang menjadi mimpinya *uwooowww... gak selese2 deh tuh sinetron, ngetiknya aja udah bikin sesek napas, apalagi meraninnya (pingin pukpuk kepala sendiri)*




Nah akhirnya jalan cerita berganti. Saya mulai mikirin untuk jadi Abdi Negara. Apalagi sekarangsekarang ini lagi grand opening calon abdi negara di beberapa kementrian. Yaaaa walau hati kecil masih tetep pingin jadi guru sih ya. Tapi mari mencoba terbuka pada semua kemungkinan dan pilihan. Siapa tau Tuhan memang mau saya berkarya di jalan yang lain. Ya saya sih sempet bertanya: kirakira Tuhan mau saya belajar apa dari peristiwa ini. Dan semoga saya segera menemukan jawabannya.




Ada satu kementrian yang saya taksir *kalo dia naksir saya balik, mudahmudahan kami bisa jadian. Bantu doa ya kawankawan*. Saya mau deh kalo disuruh jadi calon abdi negara di kementrian yang itu. Kementrian apa sih? Kasih tau gak yaaaa *tenyumtenyum centil*. Hihihihi nanti ya akan tiba waktunya bagi saya untuk ngasih tau.




Awalnya saya cuma isengiseng liriklirikan sama si Kementrian ini. Saya masih aja gak niat. Saya masih belum bisa move on dari profesi yang sebelumnya. Hati sudah terlanjur tertambat di sana, apa daya orangtua tak merestui. Nah waktu proses liriklirik ini saya makin ilfeel liat persyaratannya. Dih gimana saya mau naksir situ, situ ngasih syarat kok banyak banget, kok ribet banget. Kagak bisa tukeran CV doang apa ye? *dikira ta'aruf kaliii*. Nah yang semangat tentu saja: orangtua saya. "Ayo kita penuhi syaratnya satu per satu," kata si Bapak. Yaaa demi menghormati Si Bapak dan menjaga perasaan Si Ibu, maka saya lakuin tuh syaratnya satu per satu.




Nih ya saya sebutin syarat yang diminta. Sapa tau ada yang tertarik atau penasaran.
1. Formulir
2. Surat pernyataan dengan materai Rp. 6.000
3. Fotokopi KTP yang masih berlaku
4. Daftar Riwayat Hidup terakhir
5. Fotokopi ijasah terakhir yang sudah dilegalisir
6. Fotokopi akte kelahiran
7. Surat keterangan berbadan sehat (nan subur :P) dan tidak buta warna yang dikeluarkan oleh RSUD/RSUP/ RS TNI/ RS POLRI (3 bulan terakhir)
8. Fotokopi kartu kuning pencari kerja yang masih berlaku
9. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku
10. Pas foto terakhirr 4x6 berwarna




*pengsaaannn*




Ish ish ish syaratnya banyak banget. Mungkin kayak gini perasaan Bandung Bondowoso waktu disuruh bangun seribu candi dalam semalem *brb bertapa*.




Beberapa persyaratan malah saya belum pernah denger. Kartu kuning pencari kerja? bisa dapet di mana? SKCK bisa dapet di polsek atau harus ke polres ya? bisa gak ya dapet semua suratsurat itu dalam sehari? Saya sempet nyari di google. Tapi gak semua keterangan tertera di sana. Malah cenderung simpang siur infonya. Nah inilah yang menjadi alasan kenapa saya buat cerita berseri ini. Untuk membantu menjawab kebingungan kalian yang pingin juga jadi abdi negara. Saya akan ceritain semuanya. Soalnya beberapa hal lumayan nambah pengetahuan saya dan pingin saya bagibagi nih. Seperti kata seorang sahabat saya, cinta (maupun kebaikan) kalo gak dibagiin sama aja kayak sungai yang airnya gak ngalir. Cuma mampet di situ. Dan bikin bau. Makanya biar pengetahuan ini gak cuma mentok di saya, saya mau bagiin deh. Gratis :)






Kalo tadi di awal saya sempet bertanyatanya apa yang Tuhan mau untuk saya pelajari melalui peristiwa ini, sekarang saya mulai nemu jawabannya. Tuhan mau saya belajar untuk ngurusin suratsurat penting ini sehingga besokbesok saya gak perlu lagi ngerepotin banyak orang buat ngurusin. Tuhan mau saya belajar kenal dengan lingkungan tempat saya tinggal (hehehehe, untuk yang ini, saya akan bahas dalam satu postingan tersendiri). Tuhan juga mau saya belajar untuk move on dari profesi yang lama, belajar untuk naksir sama si Kementrian ini. Dan Tuhan juga mau saya membagikan pengetahuan ini kepada kalian. Ihiy! *kibas rambut*

0 kicauan:

 

(c)2009 racauan si tukang cerita. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger