Wednesday, July 25, 2012

Calon Abdi Negara seri 2 : Mengisi Formulir

kali ini saya mau kasih tips gimana caranya ngisi formulir supaya sakses dan gak salah. Ya formulir sih palingan gitu doang kan ya. Pertanyaannya soal nama, tempat tinggal, nomer KTP, pokoknya standar lah. Eits, tapi tetep aja, si formulir ga boleh disepelein loh. Masa baru syarat pertama udah langsung gagal. Kan maluuuu.... Coba coba dibaca baikbaik tipsnya ya. Semoga berguna!

1. Lihat pertanyaanpertanyaan dalam formulir secara sekilas
Seenggaknya kamu udah tau kirakira bakal ditanyain apa. Biar kamu gak kaget dan bingung lagi mau jawab apa. Siapa tau kan ditanyain berapa jumlah mantan *keselek*


2. Persiapkan bahan dan alat pendukung
Biasanya di formulir suka ditanyain tentang pelatihan yang kamu ikuti, tahun berapa, berapa lama, dsbnya. Daripada kamu ngarang sendiri jawabannya, mendingan disiapin dulu tuh semua sertifikat, ijasah, piagam, dll di samping kamu biar memudahkan ketika ngisi formulir. Oiya siapin juga alat tulisnya ya. Tiap formulir punya ketentuan sendirisendiri mesti diisi pake pulpen atau pake pensil. Itulah gunanya tadi membaca sekilas isi formulirnya. Nah kadangkadang dalam formulir suka ditanyain tuh berapa berat badan dan tinggi badan. Daripada kamu ngirangira sendiri jawabannya, mending siapin timbangan dan meteran juga di sebelah kamu saat ngisi formulir.


3. Isilah dengan cermat dan tepat
Isi satu per satu dari pertanyaan pertama sampe terakhir. Jangan dilongkaplongkap. Nanti bingung. Lalu dijawab semua pertanyaannya ya. Tentu saja dengan jawaban yang tepat. Jangan 'nembak'. Kan bukan lagi ngerjain soal seleksi perguruan tinggi.


4. Cek sekali lagi, jangan tertipu
Yakin formulirnya cuma satu halaman? coba deh cek sekali lagi halaman kedua. Siapa tau di halaman kedua ditulis dengan sandi rahasia yang hanya bisa terlihat saat kertas formulir ada di atas cahaya lilin. Beneran deh kamu mesti cek sekali lagi bahwa formulirnya cuma satu halaman atau formulirnya nggak bolak balik. Jangan kayak saya ya. Waktu di Disnaker, saya disuruh ngisi formulir. Formulirnya cuma satu lembar. Saya isi dengan sukacita. Di bawah halaman pertama yang saya isi, ada tempat untuk tanda tangan. Saya tandatanganin dong. Nah biasanya kalo udah disuruh tanda tangan berarti formulirnya sampe situ doang. Saya gak ngecek lagi apakah di belakangnya masih ada pertanyaan atau nggak. Saya langsung balikin deh tuh formulir dengan riang gembira. Pas lagi nunggu dipanggil, saya ngelirik formulir orang yang di sebelah saya. ASTAGAAAHHH!!! ada halaman keduanya dong. Iiihhh saya berasa ketipu sama si tanda tangan. Makanya, saya ngingetin berkalikali: cek sekali lagi, jangan sampe ketipu.


5. Minta bantuan orang lain untuk ngecek
Saya sih biasanya minta bantuan Si Bapak untuk ngecek sekali lagi. Si Bapak kan orangnya rapi, teratur, terencana (heran deh, yang kayak gini nggak nurun sama sekali ke saya :P). Emang perlu banget bantuan pihak lain untuk ngecek. Kalikali aja ada yang belum keisi atau ada yang typo.


6. Simpen baikbaik formulirnya
Udah diisi, udah dicek, bakalan jadi percuma kalo akhirnya si formulir kamu taruh sembarangan terus dipake buat bikin pesawatpesawatan kertas sama Si Adik. Simpen baikbaik supaya tetep rapi dan cakep sampai pada waktunya si formulir dikirimkan bersama dengan persyaratan yang lain *aaahhh persyaratan lain masih banyak yak*


Selamat mengisi formulir :)

0 kicauan:

 

(c)2009 racauan si tukang cerita. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger