Wednesday, July 25, 2012

Calon Abdi Negara seri 3: Kenali Tempat Tinggalmu

Dalam proses untuk menjadi seorang calon abdi negara, mengenali tempat tinggal kudu dilakukan sebelum mengurus semua persyaratan. Kenal yang saya maksud bukan cuma hafal alamat rumah sendiri, bukan cuma tau siapa pak RT nya, bukan sekedar tau jalanjalan tikus buat menghindari kemacetan. Pokoknya beneran paham deh tentang tempat tinggalmu. Gimana yak jelasinnya. Hihihi ribet sendiri. Soalnya gini, semua suratsurat yang diurus selalu berdasarkan domisili. Kalo kamu tinggal di Jakarta Barat misalnya, KTP nya juga KTP sana cuma kebetulan kerja di daerah Jakarta Selatan, ya kamu ga bisa minta suratsurat itu diurus di Jakarta Selatan aja mentangmentang deket kantor kamu dan bisa sekalian pas jam istirahat siang. Pokoknya gak bisa lah. Ga usah nekat nyoba juga.


Nah saya sendiri tinggal di Bekasi. Saya tau kecamatan saya: Pondok Melati. Yaaaa kalo orang nanya saya tinggal di mana, saya seringnya jawab di Pondok Gede. Soalnya Pondok Gede lebih terkenal gitu daripada Pondok Melati. Saya juga tau kalo rumah saya ada di kelurahan Jatirahayu. Tapi jangan tanya saya di mana kantor kelurahan maupun kecamatan. Hehehehe. Saya nyerah kalo pertanyaannya itu.


Suatu hari saya mau ngurus Kartu Kuning Pencari Kerja. Sebelumnya saya menghimpun informasi dulu dong. Saya caricari di google. Katanya kartu kuning diurus ke Dinas Tenaga Kerja sesuai wilayah domisili. Saya cari lagi di google di manakah Dinas Tenaga Kerja Bekasi. Nah yang keluar tuh nomer telpon DISNAKER KABUPATEN BEKASI. Saya telpon dong ya buat nanya alamat dan jam kerja si kantor Disnaker itu.



Saya: halo selamat pagi *ngomongnya sambil tenyumtenyum*
Mas2 Disnaker (MD): iya selamat pagi Bu
Saya: ini kantor Disnaker Bekasi ya?
MD: iya betul Bu
Saya: mau tanya alamatnya dong mas
MD: jalan blablabla nomer lalilu aiueo lalalala yeyeyeye Cikarang Pusat
Saya: *petir menyambar* HAH?? CIKARANG?? *mata melotot saking kagetnya*
MD: iya Bu di Cikarang *tetep lempeng jawabnya*
Saya: oh! oke *ngarep salah denger tapi kok jawabannya si Mas ga berubah*
MD: emang Ibu tinggalnya di mana?
Saya: Pondok Gede, Mas
MD: Bu, kalo Pondok Gede tuh ke DISNAKER KOTA BEKASI, bukan DISNAKER KABUPATEN BEKASI. ini kenapa sih dari kemaren orang Pondok Gede melulu yang nelpon, udah gitu salah lagi
*yaelah si mas ini, emang dikira saya sengaja apa ya janjian sama orangorang satu kecamatan Pondok Gede buat ngerjain situ*
Saya: oh jadi saya salah ya?
MD: iya Bu ke Kota Bekasi ya bukan Kabupaten Bekasi
*okeh mana lah gue tau bedanya apa, gue cuma tau Bekasi doang*
Saya: Mas, boleh minta alamat dan nomer telepon Disnaker Kota Bekasi nya gak ya?
MD: Disnakernya ya di Kota Bekasi nya, Ibuuu. Masa Ibu gak tau sih Kota Bekasi di mana? Kota Bekasi, Bu, Kota Bekasiiii. Itu deket kantor walikota, di situ jejeran kantorkantor pemerintahan. Duh masa Ibu gak tau sih? Ibu tuh sebenernya tinggal di mana? di Bekasi bukan? Masa gatau sih. Depan GOR Bekasi, Bu.



Ebuseeettt, saya diomelin. Saya sampe kaget. Ilmu saya tentang Bekasi cuma mentok sampe Metropolitan Mall. Ya belok dikit sampe Bantargebang sih saya masih tau. Nah kalo dia sebutsebut kantor walikota, blah! saya angkat tangan (sambil gelenggeleng kepala kemudian nari Kecak). Lagian ya saya juga kalo main di Bekasi ya mainnya ke mall. Ngapain coba main ke kantor pemda. Selain itu saya kebanyakan beraktivitas di Jakarta. Sekolah, kerja, ketemu temen, nginep di rumah tante, rapat, latihan nari, bermain, bergembira, semua dilakukan di Jakarta. Pantesan, saya ga kenal daerah tempat tinggal saya sendiri.


Namun pengalaman dimarahin itu bikin saya jadi penasaran. sebenernya apa coba bedanya Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Saya serius nyari tau dengan tanya sana sini. Dan ini kirakira penjelasan singkatnya.


Kota Bekasi dulu tuh sebuah kecamatan dari Kabupaten Bekasi. Kabupaten Bekasi dulunya ibukotanya Jatinegara tapi sekarang pindah ke Cikarang. Nah si kecamatan Bekasi ini makin berkembang makin berkembang dan jadilah kota administratif. Terus makin lama makin berkembang lagi dan akhirnya jadi Kotamadya. Kenapa dipisahin sama Kabupaten Bekasi? Biar pembangunan di daerah timur Bekasi (Cikarang dan sekitarnya) semakin berkembang. Nah kenapa coba gak ganti nama biar gak mbingungin? Yaaa terlanjur terkenal dengan nama Bekasi meskipun sekarang wilayahnya makin luas. 


Saya seneng deh. Ilmu saya nambah. Saya belajar mengenal tempat saya tinggal. Ya walaupun kalo ditanyain tentang jalan dan alamat di Bekasi saya masih sering gelenggeleng bingung. Minimal saya udah tau lah bedanya Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Dukung saya ya jadi Walikota Bekasi berikutnya ahahahahahaha

0 kicauan:

 

(c)2009 racauan si tukang cerita. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger