Monday, August 22, 2011

bekerja supaya Indonesia bisa makan


Anak ini namanya Sheila. Salah satu murid saya di Wonderful Planet. Umurnya baru tiga tahun lebih dikit. Tahun lalu, Sheila jadi murid saya di kelas Bintang. Sekarang, Sheila tidak duduk di kelas saya lagi, tetapi di kelas Matahari. Hari ini saya sempat ngobrolngobrol sama Sheila ketika kegiatan bermain bebas di luar.


Saya dan Sheila ngobrol di atas perosotan. Saat itu saya menemani Sheila yang ingin melihat motor dan mobil pak polisi yang lewat depan sekolah kami. Kebetulan letak sekolah kami berdekatan dengan rumah dinas pak wapres. Jadi hiburan muridmurid saya setiap pagi adalah melihat dari atas perosotan iringiringan mobil pak wapres yang akan berangkat kerja. Dan adegan yang paling disukai oleh muridmurid adalah ketika motor dan mobil polisi memblokade jalan. Mereka bisa dadahdadah sama pak polisi yang kebetulan berhenti tepat di depan sekolah kami. Tetapi begitu mobil pak wapres lewat, muridmurid saya kurang tertarik dan langsung meluncur turun. Hehehe, pak polisinya lebih terkenal daripada pak wapres.


Tetapi hari ini berbeda. Sheila tampaknya tertarik dengan mobil plat RI 2 yang melintas setelah pak polisi mengamankan arus kendaraan. Sheila tidak langsung meluncur turun ke bawah tetapi memperhatikan iringiringan mobil pak wapres sampai mereka hilang dari pandangan. Dan selama iringiringan itulah percakapan ini berlangsung.


Sheila: itu mobil siapa?

Bu Anggun: itu mobil yang hitam punya bapak wakil presiden

Sheila: ooo...punya pak presiden (mungkin terlalu sulit untuk mengucapkan dan memahami kata 'wakil')

Bu Anggun: bukan pak presiden. bapak wakil presiden (gurunya o'on nih. logika anak tiga tahun kan belom nyampe)

Sheila: iya. punya pak presiden kan? (keukeuh) Emang pak presiden mau ke mana?

Bu Anggun: mau pergi ke istana. mau kerja

Sheila: biar dapet uang ya?

Bu Anggun: iya betul (berusaha mengikuti alur dan logika anak tiga tahun)

Sheila: uangnya nanti buat siapa?

Bu Anggun: hm... buat.... buat Indonesia (jangan diketawain, soalnya saya bingung mesti jawab apa)

Sheila: ooo... buat Indonesia. kalo pak presiden nggak kerja gimana?

Bu Anggun: ya jadi nggak dapet uang dong

Sheila: kalo nggak dapet uang, nanti Indonesianyaaa.... heeemmm..... (dia memasang mimik muka sedih)

Bu Anggun: Indonesianya kenapa? heeemmm itu maksudnya apa?

Sheila: nanti Indonesianya nggak bisa makan!


Jawaban Sheila berhasil membuat saya tertegun beberapa saat. Sampai akhirnya Sheila menarik tangan saya dan mengajak untuk meluncur turun.



Aaaahhh...logika berpikir anak tiga tahun kadang memang suka lompatlompat. tapi jawabanjawaban yang mereka berikan sukses bikin saya terharu campur kagum :) :) :)


Dan sambil meluncur turun melalui perosotan, saya berdoa dalam hati: semoga Sheila besok beneran jadi presiden Indonesia. yang bekerja dengan baik dan sungguhsungguh supaya Indonesia bisa makan.


MERDEKAAAA!!!!

0 kicauan:

 

(c)2009 racauan si tukang cerita. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger