Tuesday, August 30, 2011

nama saya....

kalo kata Shakespeare: 'apalah arti sebuah nama?'. tapi justru saya malah makin kepikiran sama arti nama saya. apalagi kalo kata orangorang, nama itu adalah doa. saya kan jadi makin degdegan pengen tau arti nama Giasinta Angguni Pranandhita.



pembicaraan soal arti nama saya ini dimulai hari senin kemarin. saya dan beberapa teman sedang menikmati makan malam di rumah makan cepat saji. pembicaraan ringan dan cenderung tidak penting sih. malah lebih banyak menertawakan ceritacerita yang mengalir dari mulut saya.


tapi justru dari yang tidak penting itu saya malah jadi kepikiran. saya pun mulai menelaah nama saya. kata per kata. berusaha mencari tahu arti dan filosofinya. yuk silakan disimak.



Giasinta
nama Giasinta ini adalah nama baptis. nama baptis biasanya diambil dari nama orang suci (santo atau santa). sebenarnya Giasinta bukan nama yang lazim saya dengar. malah dulu saya cenderung meragukan ada santa yang bernama Giasinta. saya lebih sering mendengar nama Yasinta atau Hiyasinta. kalo kata papa, santa Giasinta sebenernya tulisannya Giacinta. tapi di-indonesia-in sama papa jadi Giasinta. udah, saya taunya cuma segitu aja.
hingga akhirnya waktu saya SMP, saat saya lagi belajar untuk menerima sakramen krisma, saya mendapat tugas mencari tahu sejarah hidup santa pelindung saya. bongkarbongkar ensiklopedi orangorang suci, akhirnya saya menemukan santa Giacinta Marescotti. di buku itu saya baca, Giacinta lahir dengan nama Hyacinta. hidupnya begajulan banget. lalu akhirnya bertobat dan masuk biara. pas masuk biara, ganti nama jadi Giacinta.
nah, sebelum saya nulis postingan ini, saya sempatkan diri dulu untuk cari tau lebih lengkap tentang santa Giacinta Marescotti ini. dan saya menemukannya di sini. Pas dibaca ya emang mirip sama cerita yang saya baca dulu. tapi yang saya temukan ini lebih bikin pengen jedotjedotin kepala di tembok pas baca. jadi, Giacinta waktu kecilnya baik namun berubah jadi pendendam dan bertabiat buruk karena bete dilangkahi sama adiknya. adiknya nikah duluan, bok!
kyaaaaaa pengen pingsan banget pas baca. uwooohhhh....papa mama tau sejarahnya ga sih pas milih nama ini? *gigitgigitsaputangan



Angguni
kata papa, nama Angguni itu dipilih agar saya tumbuh menjadi perempuan yang anggun. hehehehe. saya jadi merinding disko pas denger. kok ya jadinya kebalikannya gini? saya sama sekali jauh dari kesan anggun. slengean, seenaknya sendiri, ceplas ceplos, caur, dan entah apalagi julukan yang diberikan temanteman melihat kelakuan saya seharihari. hehehehe. saya sih cuma bisa cengarcengir saja.
lagian, saya lebih sering dipanggil dengan nama panggung: Gone. lebih terkenal dengan nama itu ketimbang nama Angguni. balik lagi ke soal nama adalah doa. nah gimana saya bisa menjadi perempuan yang anggun kalau saya sendiri jarang dipanggil dengan nama Angguni? kan saya jadi ga didoain sama kalian semua yang manggil saya. hehehehe *caricarialasan



Pranandhita
kata papa lagi (ya iya, wong yang pilihin namanya si papa), Pranandhita itu berasal dari bahasa Sansekerta. prana dan dhita. prana artinya hati. dhita artinya bahagia. jadi ceritanya si papa berharap saya tumbuh menjadi anak yang membawa kebahagiaan untuk hati setiap orang. ceileee. kalo yang ini sih kayaknya berhasil doanya. saya seringkali dipuji karena lucu dan menghibur. hahahaha, didoain jadi badut pesta ulang tahun dong.


jadi kesimpulan ngawur saya untuk nama Giasinta Angguni Pranandhita adalah:
seorang perempuan (yang mestinya) anggun yang kelahirannya diharapkan membawa kebahagiaan di hati banyak orang tetapi malah tumbuh begajulan karena bete dilangkahin adeknya nikah duluan dan berakhir di biara.
oh tidak! AHAHAHAHAHAHA


tambahan:
saya juga punya nama krisma. tapi berbeda dengan nama baptis, nama krisma itu ga dipake seumur hidup. nah nama krisma saya adalah Theresia. setau saya (semoga saya nggak sotoy), santa Theresia tuh ga cuma satu. ada beberapa yang namanya Theresia. berhubung yang kasih nama krisma saya ketika itu adalah almarhum mbah uti, maka waktu itu saya tanya dong Theresia yang mana. kata mbah uti sih Theresia yang pendoa. nah loh. itu Theresia siapa ya. kayaknya sih Theresia Lisieux.
sekali lagi sodarasodara, nama itu adalah doa. dan kayaknya nama krisma Theresia ini lumayan jadi doa yang mujarab buat saya. beberapa teman pernah bilang bahwa nitip doa sama saya jaminan terkabulnya besar. makanya lumayan banyak tuh yang sering nitip saya doain. yang minta jodoh lah, yang minta dapet kerjaan lah, yang minta supaya sembuh lah. ini bukannya mau sombong loh ya. emang sih semuanya juga tetep aja Tuhan yang ngabulin. saya kan cuma bantuin nyampein aja ke Tuhan. dan Tuhan emang adil banget. yang dikabulin justru doa titipan. doa saya sendiri? hehehe, belum tentu dikabulin. kalo tiap kali berdoa, permintaan saya dikabulin, nanti saya jadi orang yang ga tau terima kasih, minta melulu sama Tuhan, sombong, dan bisa aja jadinya malah ngerasa lebih Tuhan daripada Tuhan sendiri. hiiii...amitamit. jangan sampai ah *ketokmejatigakali


yak sekian cerita tentang nama saya. sebenernya masih ada lagi namanama panggilan saya yang lain, seperti misalnya: kunil, gone, gondut, gon2, dan masih banyak lagi. semua nama panggilan itu artinya cuma satu: sayang. hehehe. iya dong, kalo sampe punya panggilan khusus buat saya berarti kalian sayang sama saya. hihihi.


kecupbasah

8 kicauan:

Mere said...

Saya suka post ini!

Giasinta Angguni Pranandhita said...

hehehehe. terima kasih Mere :)

leoerk said...

Nice :) Halo Angguni :D

Anonymous said...

Hi Gone, salam kenal..
Tgl 3 Jan 2012 anak perempuan kami yg cantik lahir, dan kami beri dia nama Giacinta Jeanne A.
Sekedar sharing aja, sewaktu cari2 nama orang kudus, kami jatuh hati dengan nama "Giacinta" - Marescotti -. Terutama pada perjalanan hidup dan imannya kepada Tuhan.
Intinya, manusia pasti pernah berbuat dosa dan melenceng dari jalan Tuhan, tetapi Tuhan sungguh Allah yg baik, Dia mau mengampuni anak2 nya telah berbuat dosa dan mau bertobat. Itulah harapan sederhana kami pada Giacinta kecil ini, gag perlu karya2 besar, tetapi cukuplah dengan hidup yang berkenan di hadapan Tuhan.
Tetap semangat ya Gone v(^^,)
Tuhan selalu memberkati hidupmu!

Salam,
Papa n Mamanya Gia

Giasinta Angguni Pranandhita said...

hai papa mamanya Gia :)
aku kaget campur terharu baca komentar kalian. ya ampun ada yang nama baptisnya samaan sama aku. semoga suatu hari nanti aku bisa kenalan sama Gia kecil. semoga Gia tumbuh jadi anak yang baik dan pintar dan bikin papa mamanya bangga.
Tuhan berkati kalian juga yaaaa :)

Giacinta Dwi Woro Septiasih said...

Halo gogon upsss... hai giasinta... nama baptis kita sama, tossss!!

Agustina Nadeak said...

Mau nanya kak, kalau arti nama Marescotti kakak tau gak?

Unknown said...

Nama kita sama yah...

 

(c)2009 racauan si tukang cerita. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger